1. Produk
A. Susu Kotak Ultramilk
Proses Produksi
Seluruh bahan baku secara baik di olah dalam tabung higienis, yang kemudian disterilkan dalam Ultra High Temperature proses, dengan kecepatan proses selama 4 detik dengan ketinggian temperatur 140° C. Namun sebelum di sterilisasi, kandungan lemak yang terkandung didalamnya diproses dalam mesin pemisah lemak (Fat Separator ). Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.
Setelah proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik menjamin Susu Sehat bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
· Brand/Product name and pack size Susu Sehat
Full Cream
200 ml Susu Sehat Chocolate
200 ml Susu Sehat Strawberry
200 ml Content/Case 24 packs 24 packs 24 packs Pack size dimension (in cm)
(L x W x H) 4.8 x 3.7 x 12.1 4.8 x 3.7 x 12.1 4.8 x 3.7 x 12.1 Case size dimension (in cm)
(L x W x H) 33.1 x 16 x 12.6 33.1 x 16 x 12.6 33.1 x 16 x 12.6 Gross Weight/Case
(in kg) 5.4 5.4 5.4 Content/20 Feet Container 3,000 cases 3,000 cases 3,000 cases Maximum Stacking 9 cases 9 cases 9 cases
Ultra Milk Low Fat High Calcium dibuat dari 100% susu sapi, dengan pengurangan kandungan lemaknya serta meningkatkan kalsium dapat terserap baik oleh tubuh. Kandungan rendah lemaknya membantu anda menjaga atau mengurangi berat badan anda.
Penyimpanan dan masa kadaluarsa
· Sebelum kemasan dibuka:
Susu Ultra dapat disimpan pada suhu ruang, tidak perlu dikulkas. Masa Kadaluarsa 10 bulan. Produk ini sebaiknya disimpan pada tempat kering, bersih dan sejuk.
· Setelah kemasan dibuka:
Kemasan harus segera ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC.Sisa isi dalam kemasan harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Namun tetap disarankan untuk langsung dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka untuk menjamin konsumen mendapatkan kesegaran susu yang terbaik.
Kelebihan dan Kekurangan Susu UHT dan Pasteurisasi
Susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan pada suhu 1350 C dan dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik.
Susu pasteurisasi adalah susu yang sudah dipanaskan pada suhu 630 C selama 15 menit atau dipanaskan pada suhu 720 C selama 15 detik yang biasa disebut dengan HTST (high tempetature short time) pasteurisasi.
Kelebihan susu pasteurisasi
· Untuk membunuh bakteri pathogen, yaitu bakteri-bakteri yang berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit pada manusia (Mycobacterium tubercolosis).
· Dapat memberikan atau menimbulkan cita rasa yang lebih menarik konsumen.
· Pada pasteurisasi susu, proses ini dapat menginaktifkan fosfatase dan katalase, yaitu enzim-enzim yang membuat susu cepat rusak.
Kekurangan susu pateurisasi
· Tidak bisa disimpan dalam suhu ruang, harus di dalam lemari pendingin.
· Produk Susu Pasteurisasi mudah rusak bila terserang MO, memiliki masa simpan yang rendah terlebih apabila produk berada di tingkat pengecer/konsumen.
· Pasteurisasi hanya mampu menghambat pertumbuhan spora tapi tidak dapat mematikan sporanya, terutama spora bakteri yang bersifat termoresisten alias tahan terhadap suhu tinggi.
Kelebihan susu UHT
· Simpannya yang sangat panjang pada suhu kamar tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari umur simpan produk susu cair lainnya seperti susu pasteurisasi.
· Selain itu susu UHT merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.
Kekurangan UHT
· Cita rasanya tidak sesegar susu pasteurisasi.
· Dengan pemanasan yang tinggi membuat zat gizi yang ada pada susu sedikit berkurang.
B. Pendahuluan
· Sejarah Singkat PT Ultrajaya (Persero)
Berawal dari sebuah perusahaan susu di tahun 1950-an, PT Ultrajaya telah berkembang dengan sangat pesat hingga mampu meraih posisi saat ini sebagaisalah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk susu dan jus buah.Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil padatahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company.
Dan tak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport. Dan hingga kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
PT Ultrajaya ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar, Teh Kotak untuk minuman teh segar, Sari Kacang Ijo, dan Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya.
Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung-Jawa Barat yang menyediakan sumber daya alam yang melimpah, segar dan berkualitas. Mulai dari susu segar, daun teh, hingga buah-buahan tropis. Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun.
Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan ini dipasarkan di seluruh Indonesia, sementara kurang lebih 10 persen diekspor ke beberapa Negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk yang sejenis. Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi sederhana: “Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas tinggi memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus meningkat”. Kesuksesan filosofi ini ditentukan pula oleh kemampuan PT Ultrajaya yang sudah terbukti dalam mencapai empat sasaran.
· Lahan perkebunan dan peternakan
Lahan peternakan kami berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produk kami.
Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.
Kami adalah yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Lebih dari 3 dekade kami mempersembahkan produk berkualitas baik dan alami serta memimpin pasar susu cair segar di Indonesia. Kami pun saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun. Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi.
Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan. Untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen dapat dicapai secara konsisten.
Sebagai market leader, kami juga tetap mengedepankan penelitian, pengembangan, dan pengecekan kualitas kontrol produk kami. Dengan monitoring secara berkala terkait kebutuhan pasar dan permintaan konsumen, kami pun telah mengembangkan produk-produk baru supaya menjaga brand leadership kami, dan dapat dilihat hasilnya saat ini kami pun telah berhasil mengembangkan lebih dari 60 produk sejak tahun 1975 lalu, yang kebanyakan diantaranya adalah market leader.
Kami juga berkomitmen penuh untuk kualitas produksi kami, mulai dari bahan baku yang kami gunakan hingga produk siap untuk dijual. Sistem pengecekan kualitas produk tidak hanya terfokus pada isi dari produk tersebut, namun hingga proses penyimpanannya.
Seluruh produk kami telah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), yang dimana hal ini juga menunjukkan komitmen tinggi kami terhadap konsumen Indonesia yang mayoritasnya adalam Muslim.Seluruh komitmen proses kami diatas pun menghasilkan reputasi baik kami dimata konsumen.
Hingga kini, jaringan distribusi kami telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia, didukung dengan strategi marketing yang sudah terintegrasi untuk mempertahankan dan terus membangun ekuitas brand dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk itu, kamu juga secara terus menerus memiliki investasi-investasi penting dengan berbagai perbaikan dalam aktivitas marketing, teknologi, pengembangan produk, dan yang paling penting adalah sistem distribusi kami.
Jangkauan distribusi kami merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini kami pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk kami ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern market maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial. Sementara itu, jalur distribusi kami di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang.
Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri kami pun menyumbang 90% dari total produksi yang kami lakukan. Walaupun begitu, pada tahun 1988, kami pun telah meng-eksport produk kami ke sejumlah negara di dunia.
Dan hingga kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.
Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
Sebagai pemimpin pasar, PT Ultrajaya selalu berusaha untuk tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan pengawasan mutu. Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini – yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.
PT Ultrajaya sangat bertekad penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi juga pada proses produksi dan penyimpanannya. Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragama Islam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk Halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal yang resmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasi terbaik dari semua konsumen.
Teknologi
Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.
PT Ultrajaya yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Pengalamannya di bidang ini telah mencapai lebih dari 3 dekade dan memberikan posisi kuat sebagai pemimpin pasar di industri ini. PT Ultrajaya saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.
Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi. Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan – untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen - dapat dicapai secara konsisten.
Produksi yang dilakukan PT Ultrajaya
1. Sistem sterilisasi UHT dan Pengendalian Mutu
· Produksi minuman diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptic yang steril.
· Pengawasan mutu dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, samapai pengiriman barang jadi.
· Gudang yang dilengkapi dengan Automated Stroge dan Retrieval System yang dioperasikan sepenuhnya dengan sistem computer dan robot.
2. Penelitian dan Pengembangan
· Melakukan penelitian yang berkesinambungan mengenai aspirasi dan animo pasar.
· Melakukan diversifikasi & pengembangan produk untuk mempertahankan pangsa pasar.
· Melakukan penerapan strategic pemasaran yang tepat serta penerapan teknik distribusi yang efisien dan tepat sasaran.
Analisis yang saya lakukan terhadap data yang saya peroleh yaitu :
1. Keunggulan dari produk minuman yang diproduksi diantaranya : lebih steril di dalam pengepakan produk, bahan baku yang digunakan lebih fresh, menggunakan teknologi yang lebih canggih dengan sistem robot,adapun setelah susu diproses dilakukan secara aseptik (bebas bakteri), rasa dari teh ataupun susunya terasa lebih segar untuk diminum,kemasan yang digunakan dapat di daur ulang,tidak terdapat dalam bentuk botolan, harga terjangkau.
Kelebihan dan kekurangan dari PT. ULTRAJAYA MILK
Dalam pertumbuhan perusahan yang kompleks, tidak bisa dipungkiri bahwa kelemahan perusahaan akan menjadi celah para pesaing. Perusahaan harus mengetahui dengan jelas kekurangannya agar dapat ditutupi dengan kelebihan, menurut saya kelebihan dan kekurangan dari PT ULTRAJAYA MILK adalah sebagai berikut:
Kelebihan
• SDM yang besar dan terlatih
• Harga produk yang komputitif
• Keadaan distribusi dan pangsa pasar
• Loyalitas konsumen terhadap produknya
• Brand Image
• Pertumbuhan penjualan
• Keadaan distribusi dan pangsa pasar
• Riset dan sevelopment yang Intensif
Kelemahan
• Ketersediaan bahan baku
• Biaya produksi yang tinggi
Ancaman PT ULTRAJAYA MILKterhadap pesaing produk lainnya:
• Kebijakan pemerintah
• Masuknya para pesaing baru
• Fluktuasi nilai tukar rupiah.
Tujuan
· Memberikan kontribusi yang signifikan terhadap status gizi anak-anak pada tahun 2015.
· Menjadi perusahaan susu yang ramah lingkungan pada tahun 2015.
Strategi
· Meningkatkan kapasitas produksi.
Faktor strategis (strengths)
· Mengedepankan pengalaman global & kerjasama jangka panjang dengan peternak sapi.
· Memiliki SDM yang berpenglaman.
· Memiliki 2 pabrik berteknologi canggih.
· Pemilihan bahan baku yang berkualitas.
· Produksi dilingkungan bawah pengawasan mutu ketat.
Faktor strategis (weakness)
· Kurangnya pengembangan variant rasa produk susu.
· Harga yang lebih mahal dari pesaing.
· Belum ada website sebagai sarana promosi.
· Tidak ada diversifikasikan item produk.
· Tidak ada peringatan/indikasi didalam kemasan susu.
Faktor strategis (opportunity)
· Melakukan kerjasama jangka panjang dengan peternak sapi.
· Memiliki konsumen yang loyal.
· Peduli terhadap pengelolaan limbah lingkungan.
· Memiliki pangsa pasar terbesar.
· Peduli terhadap kesehatan masyarakat dengan melakukan studi gizi.
Faktor strategis ancaman (threats)
· Pendatang baru yang menawarkan inovasi produk.
· Kondisi mata uang yang tidak stabil.
· Kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.
· Pengaruh kenaikan BBM.
Landasan Teory
Pendapat para konsumen tentang susu ultra :
1. Ganjar sumekto
Menurut pendapat saya susu ultra itu susu murni atau susu segar yang diambil susunya dari binatang yang diternak oleh perusahaan ultrajaya sendiri.
2. Linda
Menurut saya susu ultra rasanya ada berfariasi ada Full Cream, Cokelat, dan Strawberry dan harga susunyapun terjangkau.
3. Eko
Menurut saya susu ultra itu produk sudah sangat terkenal banyak produk susu ini yang dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan kemasannyapun unik.
C. Pembahasan
TABEL 3.1 Data Tingkat Penjualan dan Market Share Ultra Milk PT. Ultrajaya Tahun 2005 s/d Tahun 2010
Tahun
|
Market Share (%)
|
2005
|
23,05
|
2006
|
28,64
|
2007
|
35,09
|
2008
|
33,72
|
2009
|
43,34
|
2010
|
54,38
|
Dari hasil data laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Produk Ultra Milk produksi PT. Ultrajaya tingkat market share masih tinggi terbukti dari tabel 3.3 diatas persentase market share sebesar 54,38%.
2. Penjualan produk Ultra Milk dikalangan konsumen selalu mengalami peningkatan penjualan produk. Walaupun pada tahun 2008 terjadi penurunan, namun pada tahun 2009 dapat meningkat kembali.
3. Dari data tabel penjualan dan market share dapat disimpulkan juga bahwa Ultra Milk merupakan produk susu cair kemasan siap saji yang paling disukai konsumen dibandingkan dengan produk susu cair lainnya.
D. Pesaing dalam produk susu
FRISIAN FLAG
PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi, melalui produk-produk bernutrisi tepat.
Semua ini dimulai ketika susu dengan merek Friesche Vlag mulai diimpor dari Cooperatve Condensfabriek Friesland, yang kini telah menjadi Royal FrieslandCampina, pada tahun 1922. FrieslandnCampina merupakan koperasi peternak sapi perah terbesar dunia yang berpusat di Belanda dan beranggotakan 16 ribu peternak yang tersebar di tiga negara, serta memiliki karyawan tak kurang dari 22 ribu orang yang bekerja di 100 perusahaan di seluruh dunia. Sebagai bagian dari FrieslandCampina, Frisian Flag mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal, agar dapat menghadirkan nutrisi terbaik yang diperoleh dari susu.
FFI menaungi lebih dari 1700 karyawan di seluruh penjuru Indonesia dan mengoperasikan fasilitas produksi di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur, dengan berbagai portofolio produk seperti susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis dengan merek Frisian Flag, Yes! dan Omela.
Dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frisian Flag Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional, namun juga mengadvokasi kepada para pemangku kepentingannya untuk senantiasa mendukung perkembangan holistik anak dan mempromosikan ASI eksklusif sesuai dengan petunjuk WHO.
E. Kesimpulan
Kelebihannya
Susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah atau pabrik. Cocok untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, dan dewasa.
Kekurangan
Tidak terdapat dalam kemasan botol atau beling, untuk jenis produksi teh kotak belum terdapat dalam ukuran yang lebih besar, kurang seger jika disajikan tidak dingin, tampilan untuk ultramilk masih kurang menarik, dibanding produk lain yang sejenis kualitas rasa teh dengan buah-buahan masih kurang enak untuk dirasakan, kemasan untuk teh kotak yang berasa buah masih kurang menarik tampilannya.