Rabu, 27 Januari 2016

Memulai Usaha Kos-Kos'an


Memulai usaha kos-kosan cukup mudah, yang perlu di perhatikan adalah bagaimana usaha kos-kosan anda nantinya. Apabila anda memiliki rumah dengan ukuran besar yang dekat dengan universitas atau sekolah maka anda bisa memanfaatkan rumah tersebut untuk memulai usaha rumah kos-kosan. Namun apabila tidak, maka anda bisa menyewa atau membeli tanah dan mendirikan bangunan indekos di sekitar universitas atau sekolah.

Banyak keuntungan yang kita dapatkan apabila memulai usaha kos-kosan, antara lain :

- Merupakan Usaha Sampingan
Yang namanya usaha kos, anda tidak harus mengelola usaha ini setiap hari. Yang terpenting, anda sudah membuat peraturan untuk semua penghuni/penyewa rumah kos tersebut. Anda bisa mengunjungi kos tersebut 1 minggu sekali. Namun apabila anda memanfaatkan rumah anda sebagai kos-kosan, anda bisa memantau setiap hari tanpa harus capek-capek mengelola.

- Tergolong Usaha Yang Mudah
Apa sih yang menjadi kendala saat menjalankan usaha kos? Hampir tidak ada, bisnis ini tergolong mudah. Yang terpenting anda memberikan fasilitas seperti tempat tidur dan almari. Semua tergantung dari anda.

- Penghasilan Setiap Bulan Pasti
Ini dia yang paling di sukai dari pemilik usaha kos, yakni penghasilan yang menentu setiap bulannya. Mau tidak mau, penyewa kos harus membayar rutin setiap bulannya. Namun biasanya juga ada kos-kosan yang bisa membayar setiap 6 bulan sekali.

Itulah keuntungan memulai usaha kos-kosan. Berikut ini beberapa hal yang mungkin perlu di perhatikan sebelum memulai usaha kos-kosan.

Usaha Sewa Kos-kosan dan Cara Memulainya


1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Lokasi merupakan hal terpenting dalam menjalankan bisnis ini. Lokasi yang paling tepat adalah di dekat universitas, sekolah, tempat kerja dan lain sebagainya. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang tepat.

2. Jenis Kos

Ada beberapa jenis kos yang bisa anda sewakan seperti kos khusus putri dan kos khusus putra. Terserah anda menjalankan yang mana, yang terpenting anda bisa mengontrol semua dengan baik.

3. Buat Tempat Yang Nyaman

Indekos yang baik adalah indekos yang nyaman, yakni tempat kos yang nyaman, aman dan juga bersih. Anda tak harus membuat indekos yang mewah, karena semakin mewah semakin membutuhkan banyak modal. Sesuaikan saja dengan modal yang ada, yang penting kebersihan menjadi syarat utama bisnis anda berkembang.

4. Tentukan Harga Sewa

Anda bebas menentukan harga sewa kos anda, namun sebaiknya tarif harga sewa yang murah agar tidak memberatkan penyewa. terlebih kebanyakan penyewa adalah mahasiswa dan pelajar yang kebanyakan mengandalkan uang pemberian orang tua. Selain itu anda juga bisa menentukan waktu pembayarn, satu bulan sekali, tiga bulan sekali atau bahkan 6 bulan sekali. Semua terserah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar