Rabu, 20 Januari 2016

Tugas & Tanggung Jawab Supervisor




Sebenarnya apa sih tugas kerja dan tanggung jawab seorang supervisor itu ?

Tugas supervisor berbeda beda disetiap perusahaan maupun instansi yang mempekerjakannya

Namun secara umum supervisor mempunyai tugas utama yaitu memonitoring jalannya team atau kelompok kerja agar berjalan lancar dan terkendali
Supervisor harus bertanggung jawab dalam memastikan semua pekerjaan dilaksanakan dengan baik sehingga semua proses kerja berjalan lancar
Seperti monitoring penjualan, pengawasah bawahan, melakukan instruksi kerja
Serta mampu menjalin kerja sama dengan atasan  atau dengan bawahannya agar tidak terjadi konflik

Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai bakat dan pengalamannya sebagai contoh supervisor produksi, marketing, management dan sebagainya.
Berikut adalah bebarapa tugas kerja seorang supervisor secara umum
1. Menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya
2. Mengatur kelompok kerja team
3. Memberikan tugas team dibawahnya
4. Melaksanakan tugas, proyek, dan pekerjaan secara langsung
5. Memberikan training pada bawahannya
6. Memimpin dan memotivasi team
7. Menegakkan aturan dan disiplin yang telah di tentukan oleh perusahaan
8. Memecahkan masalah sehari hari
9. Membuat rencana jangka pendek untuk tugas yang telah ditetapkan oleh atasannya.
10. Mengontrol dan mengevaluasi kinerja bawahan
11. Memberikan info pada manajemen mengenai kondisi bawahan, atau menjadi perantara antara pekerja dengan manajemen.

Supervisor dituntut memiliki jiwa pemimpin, leader, mampu memimpin dan membina karyawan di bawahnya, problem solver.
Disini pentingnya sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi memiliki seorang supervisor.
Lewat supervisor inilah visi dan misi perusahaan diharapkan dapat tercapai


Seorang supervisor harus memiliki kriteria pemimpin yang baik dan adil, hal ini dikarenakan vitalnya peran supervisor dalam kesuksesan perusahaan.
Tugas supervisor dan tanggung jawabnya memang penting untuk perusahaan, namun secara garis besar supervisor dapat kita bagi menjadi 5 tanggung jawab yang besar yaitu.

Secara garis besar supervisor dapat kita bagi menjadi 5 tanggung jawab

1. Planning
Merencanakan kegiatan yang menjadi tugasnya
2. Organizing
Mengkordinasikan kegiatan dan tugas agar berjalan lancar
3. Staffing
Memastikan setiap orang yang terlibat pada tugas dan pekerjaan tersebut.
4. Directing
Mengarahkan bagaimana agar tugas dan pekerjaan tersebut dapat berjalan lancar.
5. Controlling
Melakukan kontrol terhadap kegiatan dalam grup serta pekerjaan yang dilakukan oleh grup tersebut.

Tugas dan tanggung jawab supervisor memang sangat luas seperti halnya tugas HRD, pada intinya adalah bagaimana ia memastikan bahwa semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.  Supervisor juga dituntut dapat memberikan motivasi kepada karyawan atau bawahannya agar kembali semangat bekerja serta di jalur yang benar dalam melakukan pekerjaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar