Rabu, 20 Januari 2016

Tugas dan Tanggung Jawab SPG


SPG

Banyak sekali pertanyaan yang sering tidak bisa di jawab oleh seorang SPG tentang tugas tugas mereka, 
Apalagi bagi mereka yang baru lulus sekolah dan ingin menjadi seorang SPG/SPB

Fungsi seorang Pramuniaga /SPG/SA secara umum adalah sbb :
- Membantu koordinator dan supervisor dalam mengelola produk, merchandise/barang  dagangan di counter (area penjualan).

Fungsi seorang Pramuniaga/SPG/SA secara khusus adalah
- Membentuk kepercayaan pelanggan terhadap performance perusahaan (toko) dan kualitas produk yang dijual.
- Menebak kebutuhan pelanggan dan membantu memilihkan barang yang sesuai dengan apa yg di inginkan konsumen
- Menjawab pertanyaan pelanggan dan melayani complain dari pelanggan dengan baik.
- Menginformasikan kualitas produk yang dijualnya berserta cara penggunaannya atau perawatannya kepada pelanggan
- Melaksanakan Standar layanan pramuniaga dengan baik.

Tanggung Jawab SPG
- Mencapai produktivitas kerja yang maksimal
- Mencapai target sales
- Menjaga tingkat shrinkage (angka kehilangan barang)
- Melakukan upaya preventif untuk menanggulangi bahaya kebakaran
- Memberi informasi yang benar kepada pelanggan secara bijak
- Menjaga kebersihan Area Penjualan dan Merchandise

Wewenang SPG
- Mengusulkan pembaharuan sistem kerja, penataan dan pemajangan barang   yang siap dijual
- Meminta nasehat, petunjuk dan bimbingan dari atasan dan atau rekan kerja
- Meminta fasilitas yang dapat memperlancar pekerjaan dalam melaksanakan   tugas dan tanggung jawab.

Larangan bagi SPG
- Menilai dan menghakimi pelanggan
- Berdebat dengan pelanggan
- Acuh tak acuh kepada pelanggan
- Bergerombol dan ngobrol berlama-lama di area kerja
- Membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama
- Berjalan beramai-ramai di area penjualan saat jam buka toko
- Meletakkan tangan di di saku atau di belakang punggung saat melayani
- Menjanjikan "sesuatu" kepada pelanggan
- Meninggalkan counter tanpa ijin
- Makan-minum, terima telp lewat HP dicounter
- Melakukan transaksi di luar kassa
- Bersandar, jongkok dengan tidak sopan, bertopang dagu, dan menguap
  di area penjualan saat melayani pelanggan

Kegiatan SPG sebelum buka toko

- Membersihkan area penjualan
- Merapihkan, menyusun, dan memajang barang
- Memeriksa kebersihan Fixture dan area penjualan laninnya
- Memeriksa kelengkapan label harga
- Memeriksa persediaan barang / stock barang
- Memperhatikan pengumuman dan acara promosi
- Mengikuti meeting atau pengarahan
- Mengenakan semua perlengkapan kerja

Kegiatan SPG  selama oprasional toko

- Menyambut pelanggan dengan senyuman dan sapaan yang ramah
- Menjaga dan merapihkan barang yang di jual
- Mengisi kembali barang yang telah di jual
- Mengambil alih tugas teman yang sedang cuti / off / sakit
- Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan
- Menjaga keamanan barang yang di jual
- Menjaga kebersihan area penjualan

Kegiatan SPG menjelangtutup toko

- Mengucapkan sapaan selamat malam dan terima kasih, Silahkan datang   kembali kepada pelanggan.
- Menutup barang barang jualan dengan kain penutup
- Memastikan area penjualan tetap bersih
- Memastikan area penjualan aman dari bahaya kebakaran
- Mengikuti pengarahan dari atasan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar