Kamis, 21 Januari 2016

Cara Membangun Tim Penjualan yang Handal


Penjualan merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan, tanpa penjualan tidak mungkin perusahaan akan hidup, kecuali perusahaan nirlaba atau tidak mencari keuntungan. Seorang tenaga penjual memiliki peranan yang sangat besar dalam proses penjualan. Harapannya, seorang tenaga penjual yang handal siap berjihad melakukan penjualan dengan baik untuk mencapai target dan bahkan melampaui target serta memiliki sentuhan marketing agar semua yang disentuhnya menjadi emas, sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.
Mengapa ada seorang tenaga penjual (Sales) yang begitu hebat sehingga mampu mencapai target, namun ada juga yang tergopoh-gopoh untuk mencapai target dan lebih sering tidak mencapainya. Perbedaan tersebut memunculkan pertanyaan, ‘Dimanakah letak kesalahannya?’ Apakah karena target yang terlalu tinggi, produk yang ditawarkan kurang bagus, kemasannya yang kurang menarik, ataukah tidak pernah ada iklan sama sekali ???
1. Rekrutlah Orang-Orang Terbaik Menurut AndaDalam membangun sebuah tim penjualan, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang handal pula. Dari Sumber Daya Manusia inilah yang akan membantu anda dalam membangun dan mengembangkan usaha anda. Anda sebagai pemilik perusahaan bisa merekrut Sumber Daya Manusia sesuai dengan keinginan anda dan menurut kriteria diinginkan serta sesuai dengan pendidikan yang relevan atau berdasarkan pengalaman yang dimiliki.
2. Sesuaikan Dengan Tugas dan kemampuanMenentukan posisi dalam sebuah tim, pemilik perusahaan harus bisa menyesuaikan dan menentukan berbagai kriteria Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan. Penyesuaian ini akan memberikan kemudahan dalam mengukur tugas dan kemampuan yang disyaratkan dalam pekerjaan yang akan dilakukan. Setelah usaha berjalan maka owner bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan sesuai dengan posisi dan kemampuannya terhadap target yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pemilik perusahaan pun bisa melakukan rotasi jika karyawan tidak sesuai yang diharapkan.
3. Miliki Visi yang Sama dan KomitmenPemilihan seorang karyawan yang akan menempati tim penjualan yang akan dibentuk harus selektif mungkin, sebagai pemilik usaha bisa mencari karyawan yang visinya sama dengan anda dan memiliki komitmen Sebagai rambu-rambu menuju kesuksesan menjual berkaitan dengan pengembangan usaha yang dimiliki. Komitmen pada diri sendiri, pada perusahaan juga pada pelanggan. Komitmen pada diri sendiri akan mampu mengarahkan tim penjual tetap pada tujuan awal. Sekalipun di tengah perjalanan menuju sukses, banyak rintangan yang menghalangi perjalanan sukses, kita akan tetap mengarah pada tujuan awal. Komitmen pada perusahaan akan membawa pada loyalitas dan integritas kerja. Komitmen pada pelanggan, akan menumbuhkan dan membangun kepercayaan calon pembeli.
4. Buat Jenjang Karir yang JelasKaryawan yang bekerja disebuah lembaga atau instansi pasti menginginkan sebuah jenjang karir yang jelas, maka sebaiknya pemilik perusahaan merumuskan sebuah jenjang karir walaupun itu sederhana sesuai dengan yang ditargetkan pada tim penjualan tersebut. Karir merupakan impian semua karyawan yang bisa menjadi salah satu motivasi dan peningkatan mereka dalam bekerja.
5. Have Fun
Bangun semangat yang ada di dalam tim untuk selalu dapat memberikan energi yang tinggi dan semangat untuk terus bersatu. Sediakan waktu untuk tertawa bersama dan ciptakan suasana yang sesantai mungkin. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan mudah bila suasana kerja sama selalu berada dalam keadaan tegang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar