Kamis, 21 Januari 2016

Prosedur Dasar Kunjungan Merchandiser


Prosedur Dasar Kunjungan MD

1. Salam
- Menyampaikan salam, menjabat tangan dan memperkenalkan diri kepada pejabat toko atau staff toko
- Mengkomunikasikan tujuan kunjungan ke toko yang bersangkutan

2. Cek stok di rak, Membersihkan, Menata produk sesuai planogram
- Memastikan produk dalam keadaan bersih dan jalankan konsep FEFO
- Cek seluruh produkn yang ada di rak umum dan rak display (rak promo) yang ada. Hitung dan catat stok yang ada di rak sebelum dan sesudah di tambahkan dari stok yang ada di gudang
- Memastikan produk yang ada di rak tidak kosong, apabila kosong kordinasikan dengan pihak toko, pastikan produk tersedia di gudang dan lakukang pemajangan
- Apabila ada produk kosong tapi sudah di order tapi selalu kosong, informasikan segera ke Key Account Manager yang menangani outlet tersebut

3. Cek Aktifitas Promo (Produk sendiri maupun kompetitor)
- Mengecek implementasi promosi yang sedang berlangsung, gimmick sudah ada, lebel harga terpasang, harga sesuai promosi dan POP terpasang dengan baik
- Memasang seluruh POS material yang telah ditentukan dan pastikan dapat mudah terlihat oleh konsumen tapi tidak menutupi produk
- Jika stok gimmick dan POP tidak tersedia, komunikasikan dengan pihak toko tersebut
- Cek aktifitas promo yang sedang dilakukan kompetitor Meliputi : kegiatan promosi (event dan gimmick), discount (voucher atau potongan harga), sempling, promo display (end gondola) POSM (Pilar branding,shelf frame)
- Membuat laporan dalam lembar kerja seluruh aktivitas promosi yang sedang berjalan di outlet tersebut (biasanya per periode)

4. Cek Lebel Harga POP Promo
- Memastikan lebel harga berada di rak dan lebel harga benar, sesuai dengan produk tersebut dan dapat terlihat konsumen
- Jika lebel harga tidak terdapat di rak, komunikasikan dengan pihak toko (minta di buatkan) setelah itu pasang lebel harga pada produk tersebut
- Membuat dan menyerahkan report price list produk sendiri jaga produk kompetitor (biasanya per periode)

5. Cek planogram Display
- Cek apakah display produk dan jumlah shelving sesuai dengan standard planogram yang berlaku
- Mencatat dalam lembar kerja kondisi implementasi planogram apakah sesuai atau tidak
- Ambil gambar/foto pajangan produk di rak

6. Stempel - Tanda tangan - Penutup
- Minta tangda tangan dan stempel dari pejabat toko atau staff toko pada lembar kerja
- Komunikasikan summary hasil kunjungan pada hari tersebut dan sampaikan jadwal periode kunjungan berikutnya
- Mengucapkan terima kasih dan menjabat tangan pejabat toko atau staff toko





Tidak ada komentar:

Posting Komentar