Kamis, 21 Januari 2016

Strategi Bangkrut Ala ROBERT T. KIYOSAKI


Robert Kiyosaki, penulis buku seri nasihat keuangan terlaris "Rich, Dad, Poor Dad" memperlihatkan satu pelajaran baru bahwa orang kaya itu berbeda dengan kita. Ketika mereka mendaftarkan kebangkrutan  perusahaannya, ternyata itu bagian dari strategi bisnis.
Rich Global LLC, salah satu perusahaan Kiyosaki termasuk yang minta perlindungan kebangkrutan pada Agustus lalu. Hal itu dilakukan setelah perusahaannya diharuskan membayar kewajiban sebesar US$ 24 juta kepada Learning Annex dan Bill Zanker, chairman perusahaan.
Learning Annex merupakan salah satu penyokong Kiyosaki sejak awal kemunculannya. Tentu Learning Annex tidak sendiri. Bahkan Oprah Winfrey juga ikut mempopulerkannya lewat pertunjukan yang digelar, serta jaringan televisi PBS.
Lalu mengapa Kiyosaki yang diperkirakan memiliki aset US$ 80 juta menyatakan bangkrut?
Ternyata, seperti dikutip Forbes, Kiyosaki lebih banyak menjalankan perusahaannya lewat Rich Dad Co., bukan lagi melalui Rich Global LLC. Selain itu, kebangkrutan perusahaan yang sudah didaftarkan kepada otoritas setempat, bukan merupakan kebangkrutan personal.
New York Post sempat menemui Mike Sullivan, CEO Rich Dad Co. Dia mengisahkan bahwa Kiyosaki tidak akan mengorbankan kekayaannya untuk membayar kewajiban besar sebagaimana seharusnya. Karena itu, ketika membangkrutkan Rich Global, itu hanya sedikit peti penyimpanan kekayaan Kiyosaki.
Jadi ternyata, sudah lama bisnisnya Kiyosaki ditransaksikan lewat perusahaan berbeda. Salah satunya, ya Rich Dad Co. Karena itu, ketika dinyatakan bangkrut, relatif kerugian yang diterima sangat sedikit.
Itulah strategi dalam membangkrutkan perusahaan yang dilakukan oleh Kiyosaki. Kekayaannya sudah lama "ditransfer" ke perusahaan yang tak banyak dikenal oleh publik. Untuk perusahaannya yang sudah populer, cukup disimpan aset tak besar.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Bukan curang itu prediksi.orang kaya semua punya pikiran begitu.mereka gk mau aset pribadi di satu tempat.Dan gk mau asetnya di jadikan aset personal.mereka menyebarkan asetnya dalam bentuk aktiva cair/bergerak.ini bahasa saya loh.jadi aset dalam bentuk solid misal uang tunai hampir tidak ada. Hanya sedikit. Masuk nya ke arus kas perusahaan.menghindari pajak

      Hapus
  2. Cara culas buat kaya. bagaimana menghindari membayar kewajiban. apalagi itu kewajiban kepada mitra bisnis yg membesarkan dia. hebatpun bagi saya ini manusia sontoloyo yang tidak tau terima kasih kepada partnernya

    BalasHapus
  3. Orang kaya itu berani memenuhi kewajibannya. Klo menghindari kewajiban - membayar pajak - bearti MASIH MISKIN.

    BalasHapus
  4. emang beda pemikiran antara pengusaha dengan PNS ...
    pengusaha bayar pajak Tinggi , pajaknya dihambur hamburkan untuk project, dikorupsi , lalu ada PNS yang juga punya usaha memonopoli project negara untuk keuntungan pribadi orng tersebut dengan cara kongkalikong, seperti menyedot anggaran (sudah mainstream di tiap2 negara. makanya banyak pengusaha yang mendirikan yayasan sendiri dalam mengelolah dana sosial dari hasil usahanya)..

    PNS itu abdi negara, jadi yang jujur klo kelola negara. kalau pengen kaya, yah jadi pengusaha saja ..

    salam dari murid Sontoloyo

    BalasHapus